Trending

Ahok Tolak Boy, PDIP Ancam Cabut Dukungan Di DPRD

Jumat, 28 November 2014 - 13:37 WIB - dibaca 1.356 kali
Bagikan
Ahok Tolak Boy, PDIP Ancam Cabut Dukungan Di DPRD
google image

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah mengatakan Boy sosok paling tepat untuk mendampingi Ahok memimpin dan membenahi Jakarta. “Kalau sampai Ahok tidak mengakomodasi Boy sebagai wagub, dia mengecewakan keluarga besar PDIP,” ujar Basarah di Jakarta, Jumat (28/11).

Boy merupakan anak Ali Sadikin, mantan gubernur Jakarta yang terkenal luas karena terobosan dan keberaniannya dalam menata ibu kota. Boy kini menjabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jakarta dan anggota DPRD DKI Jakarta. Ia pernah menjadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, dan merupakan Ketua Tim Sukses Jokowi-Ahok pada Pilkada Jakarta 2012.

“Kami yakin Boy pasti bisa bersinergi dengan Ahok. Ahok tidak perlu meragukan kemampuan Boy,” kata Basarah.

Tapi bagaimana jika Ahok tetap pada pendiriannya untuk memilih nama lain? “Tidak menutup kemungkinan dukungan politik kepada Ahok di DPRD DKI Jakarta akan kami cabut,” ujar Basarah.

Meski Basarah mengakui Ahok punya hak prerogatif untuk menentukan wakilnya sendiri berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Daerah, ia mengingatkan Ahok diusung sepaket bersama Jokowi oleh PDIP dan Gerindra dalam Pilkada DKI Jakarta 2012.

“Karena sekarang Jokowi sudah maju menjadi presiden, maka secara etika politik, wakil gubernur harus diisi PDIP. Ahok tidak boleh melupakan sejarah yang menjadikan dia sebagai gubernur,” kata Basarah.

Ini tentu kontras dengan perbincangan Ahok dan Megawati dalam pertemuan mereka kemarin sore. Menurut Ahok, Mega memahami pilihannya, dan mengerti apa-apa saja pertimbangan Ahok dalam menentukan wakilnya.

Ahok lebih memilih wakil yang punya pengalaman pemerintahan. “Kalau mau ngukur karakter sejati seseorang, kasih dia kekuasaan. Kalau kamu sudah jadi pejabat, kan ketahuan korupsi atau tidak. Tapi kalau pilih yang belum berkuasa, kamu masih nebak-nebak (karakter dia yang sesungguhnya),” kata mantan bupati Belitung Timur itu.

Meski demikian, Ahok menegaskan bukan berarti ia tak suka dengan Boy, sebab hubungan personal keduanya baik. Persoalan Boy di mata Ahok hanya satu: belum pernah berkecimpung di dunia birokrasi. 

Tags

KOMENTAR

Komentar yang dikirimkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim komentar.

Unable to open file!