Trending

Batas Bawah Ditetapkan, Maskapai Dilarang Jual Tiket Murah

Rabu, 07 Januari 2015 - 12:28 WIB - dibaca 849 kali
Bagikan
Batas Bawah Ditetapkan, Maskapai Dilarang Jual Tiket Murah
google image

TERKAIT

ads

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah menandatangani Peraturan Menteri Perhubungan yang mengatur kebijakan tarif batas bawah minimal 40 persen dari tarif batas atas. Dengan demikian, tidak ada lagi maskapai penerbangan berbiaya rendah (low cost carrier/LCC) yang bisa menjual tiket murah sebagai bagian dari program pemasarannya.

Jonan berpendapat maskapai yang menjual tiket terlalu murah berpotensi mengabaikan aspek keselamatan penerbangan.

"Tujuannya adalah kewajaran harga tiket tersebut bisa mempertahankan unsur keselamatan dengan baik," kata Jonan di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (6/1) malam dikutip dari detikfinance.

Mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) tersebut mengaku sudah menandatangani calon Peraturan Menteri yang menandakan aturan tarif batas bawah akan segera berlaku setelah diundangkan.

Jonan mengaku hanya akan mencabut peraturan tersebut jika ada keputusan yang menyebutkan kebijakan yang diambilnya melanggar ketentuan seperti persaingan usaha, sebab kebijakan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keselamatan penerbangan.

Sampai 30 Desember 2014, terdapat 16 perusahaan angkutan udara niaga berjadwal yang beroperasi sesuai data Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Empat diantaranya merupakan maskapai dengan kategori LCC yang sering menjual tiket promosi dengan harga murah sebagai bagian dari kegiatan pemasarannya, yaitu PT Lion Mentari Airlines, PT Wings Abadi, PT Indonesia AirAsia, dan PT Citilink Indonesia.                    

Tags

KOMENTAR

Komentar yang dikirimkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim komentar.

Unable to open file!