Trending

ISIS Tutup Bendungan Di Ramadi, Pasokan Air Irak Terancam

Rabu, 03 Juni 2015 - 12:44 WIB - dibaca 2.222 kali
Bagikan
ISIS Tutup Bendungan Di Ramadi, Pasokan Air Irak Terancam
Xinhua /Landov / Barcroft Media/Xinhua /Landov / Barcroft Media

Kelompok militan ISIS dilaporkan telah menutup gerbang bendungan air di Ramadi, setelah mereka merebut kota itu dari militer Irak bulan lalu. Pasokan air dan keberlangsungan hidup di sejumlah kota di sekitar Ramadi pun terancam.

Dilaporkan The Guardian, militan ISIS berulang kali berusaha untuk mengendalikan bendungan di sejumlah kota besar di Irak. Dalam beberapa kasus, mereka mengurangi aliran air ke sejumlah daerah yang masih dikuasai oleh pemerintah. Tak jarang, ISIS sengaja mengalirkan air untuk membanjiri sejumlah lahan agar operasi militer pemerintah terhambat.

Kepala dewan Provinsi Anbar, Sabah Karhout, mengungkapkan bahwa ISIS "menutup semua pintu" di bendungan Ramadi, yang merupakan ibu kota provinsi terbesar di Irak.

Langkah ini menyebabkan tingkat air di sungai Efrat menurun dan mengurangi pasokan air ke daerah Khalidiyah, Habbaniyah dan sejumlah daerah lain di bagian timur Irak, yang masih dikuasai pemerintah Irak.

"Tingkat air sungai yang lebih rendah memudahkan ISIS melakukan serangan," kata Karhout, dikutip dari The Guardian, Rabu (3/5). 

Karhout menyerukan agar militer Irak berusaha merebut kembali bendungan Ramadi, atau menargetkannya dalam serangan udara.

"Pemotongan pasokan air untuk Khalidiyah dan Habbaniyah akan menimbulkan krisis kemanusiaan besar yang tidak hanya terjadi di daerah sekitar, tetapi juga akan berdampak ke daerah di selatan," kata sheikh Rafa al-Fahdawi, pemimpin suku Albu Fahad, yang turut memerangi ISIS.

Tags

KOMENTAR

Komentar yang dikirimkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim komentar.

Unable to open file!