Trending

Pecat Kepala Sekolah SMAN 3, Ahok : Jadilah Guru Yang Baik

Selasa, 19 Mei 2015 - 11:02 WIB - dibaca 2.476 kali
Bagikan
Pecat Kepala Sekolah SMAN 3, Ahok : Jadilah Guru Yang Baik
google image

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menganggap pemecatan Retno Listyarti dari jabatannya sebagai Kepala SMAN 3 Setiabudi merupakan hal baik. Sebab, Ahok (sapaan Basuki) telah memberikan waktu yang lebih leluasa kepada Retno untuk mengurus serikat gurunya. 


Saya baik kok kepada Bu Retno. Kalau Anda sudah sibuk mengurusi LSM, mau ke TV, atau ke mana, ya silakan," ujar Ahok di Balai Kota, Senin (18/5/2015).

Ahok mengatakan, Retno telah bersikeras melontarkan argumentasi bahwa posisinya sebagai Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) lebih penting daripada tugas sebagai kepala sekolah.

Berdasarkan hal tersebut, Ahok pun "meringankan" tugas Retno dengan mencabut tanggung jawabnya sebagai kepala sekolah. Retno hanya dijadikan guru biasa.

Akan tetapi, Ahok memiliki pesan untuk Retno dalam menjalani tugasnya nanti sebagai guru. Retno diminta fokus dan menjadi guru yang baik bagi murid-muridnya kelak.

"Tetap jadilah guru yang baik, tetapi jangan jadi kepsek lagi. Kalau dia mau main politik, ya silakan saja," ujar Ahok.

Retno merupakan Kepala SMAN 3 yang baru saja dicopot dari jabatannya. Ia diketahui tidak berada di sekolahnya saat penyelenggaraan ujian nasional (UN), Selasa (14/4/2015).

Saat itu, ia justru berada di SMAN 2 saat Presiden Joko Widodo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, serta Gubernur Basuki Tjahaja Purnama melakukan tinjauan penyelenggaraan UN di sekolah tersebut.

Meski demikian, Retno merasa tidak melakukan kesalahan karena saat itu ia sedang diwawancarai sebuah stasiun televisi dalam kapasitasnya sebagai Sekretaris Jenderal FSGI. Menurut dia, tugasnya di FSGI diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Atas kelalaiannya, Retno kini kembali menjabat sebagai guru di SMAN 13 Jakarta Utara. Posisi Kepala SMAN 3 diduduki oleh Ratna Budiarti yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala SMAN 29.

Tags

KOMENTAR

Komentar yang dikirimkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim komentar.