Trending

Pemerintah Belum Lindungi Petani Tembakau

Sabtu, 05 Juli 2014 - 22:47 WIB - dibaca 1.272 kali
Bagikan
Pemerintah Belum Lindungi Petani Tembakau
google image

JAKARTA - Ketua Dewan Pembina Komisi Nasional Pengendalian Tembakau, Kartono Mohammad menjelaskan, jika pemerintah mau melindungi para petani tembakau harus turun tangan langsung  ke petani.

Pasalnya, sampai saat ini para petani tembakau tidak mendapatkan hasil penjualan yang adil dari industri rokok. "Mengapa petani terpuruk? Karena petani rokok tidak bisa menjual ke tempat lain, misal industri rokok," kata dia, Jakarta, Jumat (4/7/2014).

Dia mengatakan, terkadang para petani menemui posisi sulit karena mau tidak mau mereka harus menjual ke industri ketimbang tembakau yang dipanen menjadi busuk.

Tak hanya itu, para petani lokal pun terhimpit posisinya karena para industri rokok menggunakan tembakau impor untuk kebutuhan produksi.

Dia mengatakan, jika pemerintah mau melindungi petani, mesti mencari solusi agar petani tak tergantung pada industri rokok.

"Pemerintah menolong supaya tidak tergantung pada industri rokok, soal permodalan teknologi tanam. Peningkatan mutu dan pelarangan impor kalo pemerintah betul-betul mau lindungi," tukasnya.

sumber: liputan6.com

Tags

KOMENTAR

Komentar yang dikirimkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim komentar.

Unable to open file!